AI Sederhana

Buka project sebelumnya, lalu tambahkan sebuah Sphere dengan cara klik menu GameObject -> 3D Object -> Sphere.
Ganti nama sphere menjadi BolaTelekinetik. Kemudian tambahkan material berupa gambar supaya bola terlihat menarik. Tambahkan juga komponen Rigidbody.


Tambahkan sebuah Tag baru dan jadikan Sphere tersebut memiliki Tag KikyPower. Tag ini sangat penting sebagai penanda dalam script nanti.
Jadikan sphere tersebut sebagai prefabs dengan cara drag langsung dari tab Hierarchy ke panel Assets.
Klik GameObject Kiky Si Kancil dan buatlah sebuah Child GameObject dengan cara klik menu GameObject -> Create Empty Child, lalu ganti namanya
menjadi SpawnPoint.
 
Buat script C# baru dan beri nama PowerKiky.cs lalu ubah script menjadi seperti berikut:
Pasang script tersebut pada GameObject Kiky Si Kancil dan sesuaikan parameternya.
Jalankan game dan coba tes kekuatan telekinetik Si Kancil dengan menekan tombol CtrlDi dalam scene, tidak akan terlihat apa-apa, tapi perhatikan di panel Hierarchy ada sebuah GameObject yang terbentuk setiap kali Kiky menembak.
  
Script PowerKiky memang sengaja tidak merender Sphere untuk memberikan efek telekinetik kepada user yang melihat. Jika ingin melihat ‘kekuatan Kiky’ silahkan centang pilihan Mesh Renderer dan akan terlihat Kiky menembakkan bola.

Pengaturan Target - Static

Target Static adalah target diam seperti kayu, batu, rumah, bangunan dan sebagainya. Dalam materi kali ini, kita akan mencoba target static berupa sebuah Patung Goblin.
Cari model Goblin dari folder Attack on Kancil -> Goblin -> Model -> Goblin_model dan
masukkan ke dalam Scene.
 

Pengaturan Target - Static
atur posisi dan ukurannya sesuai dengan kebutuhan. Karena Goblin akan dijadikan patung, maka cukup tambahkan Component Rigidbody
dan Box Collider. . Komponen tersebut bisa diakses melalui menu Component -> Physics.

Silahkan atur Center dan Size pada Box Collider menyesuaikan besar Goblin.

   
Berikutnya buat script C# dan beri nama Target_Object.cs

Pasang Script tersebut pada GameObject Goblin dan isikan satu parameter yang paling penting yaitu Trigger Tag. parameter ini perlu disesuaikan dengan Tag yang telah diatur pada BolaTelekinetik sebelumnya yaitu KikyPower.

Jalankan game, arahkan Kiky ke Goblin dan tekan Ctrl, akan terlihat sebuah efek telekinetik ketika Kiky mendorong Patung Goblin dengan ‘kekuatannya’.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Karakter dan Animasi 3D

Terrain 3D

UI System