Terrain 3D
Buatlah
Project 3D baru di Unity. Berikan nama untuk project (bebas apa saja). Sekali
lagi pastikan pilihan 3D aktif. Jika project sudah dibuat, import package
standar Unity. Ada dua cara untuk melakukan import package Unity Menggunakan
window Asset Store (Ctrl+9) (harus terhubung
dengan internet) budiluhur.ac.id
- Menggunakan window Asset Store (Ctrl+9)
- Import menggunakan cara ini mewajibkan kita terhubung ke Internet karena Unity akan langsung mengakses assetstore.unity.com dan menampilkannya pada window ini. Kita bisa melakukan pencarian dan langsung
- klik import di Asset yang kita pilih, dengan sekejap Unity akan meletakkan Asset pada project yang sedang kita buat.
Berikut nya silakan mengimport package yang sudah
terdownload
Setelah proses impor selesai, tambahkan sebuah terrain
dengan cara klik menu GameObject -> 3D Object -> Terrain.
Jika tidak terjadi kesalahan, maka sebuah terrain kosong berukuran 500×500
pixel akan muncul.
Klik tombol Terrain Setting pada panel
Terrain di tab Inspector yang akan menampilkan menu tambahan baru untuk
pengaturan terrain aktif. Kemudian atur Resolution Terrain Width dan Terrain
Length menjadi 1000×1000
Selanjutnya klik tombol Paint Texture pada panel Terrain di
tab inspector yang akan menampilkan menu tambahan baru untuk mewarnai terrain
aktif. Klik Edit Texture, klik Add Texture, dan pada kotak Dialog Add Terain
Texture, klik Select dan pilih salah satu texture yang ada, misalnya saja
texture Grass alias rumput berwarna hijau. Setelah itu klik Add
Pada panel
Brushes, pilih salah satu brush yang kalian suka, pilih texture yang kedua
(bukan texture grass yang pertama), setelah itu warnai terrain tadi. Caranya
klik dan drag saja menggunakan mouse pada terrain sesuka hati. Kalian juga
dapat bereksperimen dengan menggunakan texture dan brush yang lain. Ukuran
brush dapat juga diatur menggunakan slider, masih di panel yang sama.
Selanjutnya klik tombol Raise/Lower
Terrain pada panel Terrain di tab Inspector yang akan
menampilkan tambahan baru untuk mengubah ketinggian terrain aktif, hal ini bisa
digunakan untuk membuat pegunungan pada terrain.
Cukup klik pada texture dan
secara otomatis, terrain akan naik dengan sendirinya. Gunakan Shift+klik untuk
menurunkan ‘gunung’. Kombinasi antara brush yang berbeda dapat membuat tampilan
gunung semakin bervariasi
Selanjutnya
klik Paint
Trees pada tab Terrain di tab Inspector yang akan
menampilkan menu tambahan baru untuk pembuatan pepohonan. Klik Edit
Trees, pada kotak dialog Add Tree, klik browse, pilih salah
satu pohon yang ada dan klik Add. Kita bisa menambahkan beberapa pohon ke dalam
Trees supaya ada lebih dari satu jenis pohon di Terrain yang kita buat.
Setelah itu masukkan karakter ke dalam Terrain, caranya cari folder Characters, lalu
expand folder FirstPersonCharacter, dan pilih folder Prefabs. Masukkan
RigidBodyFPSController ke dalam Scene.
Atur posisi menggunakan gizmo
seperti mengatur GameObject lain, tempatkan sedikit di atas terrain, hal ini
perlu agar GameObject tidak tenggelam ke dalam jurang tak berujung di area
Scene karena prefab ini dapat dipengaruhi oleh gravitasi.
Terakhir, jalankan Game.
hanya dalam hitungan menit kita berhasil membuat scene landscape. Membangun
sebuah game menggunakan Unity seperti menyusun puzzle, sudah tersedia Asset
yang sangat banyak, tinggal kita menyusunnya menjadi sebuah game.


Komentar
Posting Komentar