Terrain 3D

Buatlah Project 3D baru di Unity. Berikan nama untuk project (bebas apa saja). Sekali lagi pastikan pilihan 3D aktif. Jika project sudah dibuat, import package standar Unity. Ada dua cara untuk melakukan import package Unity Menggunakan window Asset Store (Ctrl+9) (harus terhubung dengan internet) budiluhur.ac.id
  • Menggunakan window Asset Store (Ctrl+9)
  • Import menggunakan cara ini mewajibkan kita terhubung ke Internet karena Unity akan langsung mengakses assetstore.unity.com dan menampilkannya pada window ini.  Kita bisa melakukan pencarian dan langsung
  • klik import di Asset yang kita pilih, dengan sekejap Unity akan meletakkan Asset pada project yang sedang kita buat.
Berikut nya silakan mengimport package yang sudah terdownload
Setelah proses impor selesai, tambahkan sebuah terrain dengan cara klik menu GameObject -> 3D Object -> Terrain. Jika tidak terjadi kesalahan, maka sebuah terrain kosong berukuran 500×500 pixel akan muncul.
Klik tombol Terrain Setting pada panel Terrain di tab Inspector yang akan menampilkan menu tambahan baru untuk pengaturan terrain aktif. Kemudian atur Resolution Terrain Width dan Terrain Length menjadi 1000×1000
Selanjutnya klik tombol Paint Texture pada panel Terrain di tab inspector yang akan menampilkan menu tambahan baru untuk mewarnai terrain aktif. Klik Edit Texture, klik Add Texture, dan pada kotak Dialog Add Terain Texture, klik Select dan pilih salah satu texture yang ada, misalnya saja texture Grass alias rumput berwarna hijau. Setelah itu klik Add
Pada panel Brushes, pilih salah satu brush yang kalian suka, pilih texture yang kedua (bukan texture grass yang pertama), setelah itu warnai terrain tadi. Caranya klik dan drag saja menggunakan mouse pada terrain sesuka hati. Kalian juga dapat bereksperimen dengan menggunakan texture dan brush yang lain. Ukuran brush dapat juga diatur menggunakan slider, masih di panel yang sama.

Selanjutnya klik tombol Raise/Lower Terrain pada panel Terrain di tab Inspector yang akan menampilkan tambahan baru untuk mengubah ketinggian terrain aktif, hal ini bisa digunakan untuk membuat pegunungan pada terrain.
Cukup klik pada texture dan secara otomatis, terrain akan naik dengan sendirinya. Gunakan Shift+klik untuk menurunkan ‘gunung’. Kombinasi antara brush yang berbeda dapat membuat tampilan gunung semakin bervariasi
Selanjutnya klik Paint Trees pada tab Terrain di tab Inspector yang akan menampilkan menu tambahan baru untuk pembuatan pepohonan. Klik Edit Trees, pada kotak dialog Add Tree, klik browse, pilih salah satu pohon yang ada dan klik Add. Kita bisa menambahkan beberapa pohon ke dalam Trees supaya ada lebih dari satu jenis pohon di Terrain yang kita buat.
Setelah itu masukkan karakter ke dalam Terrain, caranya cari folder Characters, lalu expand folder FirstPersonCharacter, dan pilih folder Prefabs. Masukkan RigidBodyFPSController ke dalam Scene. 
Atur posisi menggunakan gizmo seperti mengatur GameObject lain, tempatkan sedikit di atas terrain, hal ini perlu agar GameObject tidak tenggelam ke dalam jurang tak berujung di area Scene karena prefab ini dapat dipengaruhi oleh gravitasi.
Terakhir, jalankan Game. hanya dalam hitungan menit kita berhasil membuat scene landscape. Membangun sebuah game menggunakan Unity seperti menyusun puzzle, sudah tersedia Asset yang sangat banyak, tinggal kita menyusunnya menjadi sebuah game.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Karakter dan Animasi 3D

UI System