Simpel Animation
Materi ini akan membahas proses pembuatan dua jenis animasi
tersebut menggunakan tool standar Unity. budiluhur.ac.id
- Buatlah project
baru di Unity atau cukup scene baru saja jika masih ingin menggunakan
project yang sudah digunakan dalam materi sebelumnya. Tambahkan sebuah
Plane dengan cara klik menu GameObject -> 3D Obect -> Plane.
- Tambahkan
sebuah Cube dangan cara klik menu GameObject -> 3D Obect ->
Cube dan tempatkan Cube sedikit di atas Plane agar terlihat.
- Selanjutnya
tampilkan jendela Animation dengan cara klik menu Window ->
Animation. Rencananya kita akan membuat 3 animasi yang berbeda untuk
si Cube.
Untuk membuat animasi, yang pertama
harus dilakukan adalah membuat sebuah file *.anim yang berisi sebuah animasi.
Caranya, klik GameObject Cube pada tab Hierarchy, klik jendela Animation dan
klik Create. Lalu ketikan nama animasinya, misalnya: Animasi1.anim
Pastikan tombol record (tombol merah di
pojok kiri atas) telah diklik yang menandakan Unity telah siap melakukan
rekaman pergerakan apapun terhadap GameObject yang aktif. Untuk Animasi1 kita
akan membuat Cube berubah ukuran. Caranya klik angka pada timeline dan
pindahkan sampai angka 0:30.
Setelah itu gunakan gizmo Scale dan
perbesar ukuran Cube (misalnya sampai dua kali lipat besarnya). Bila merasa
kesulitan bisa juga menggunakan panel Transform dan memasukkan angkanya pada
parameter Scale misalnya (1.5, 1.5, 1.5)
Sampai tahap ini, jika kita klik tombol
play animasi (yang berada di sebelah kanan tombol record pada jendela
Animation) kita sudah dapat melihat bahwa Cube tersebut telah ‘bergerak’. Dari
kecil ke besar dan begitu seterusnya. Agar animasinya lebih smooth lagi,
silahkan coba copy (Ctrl+C) Keyframe di 0:00 dan paste (Ctrl+V) Keyframenya di
1:00
Sekarang buatlah 2 animasi klip lagi
menggunakan cara yang sama namun dengan pergerakan yang berbeda. Untuk
menambahkan klip, cukup klik pada combo utama di jendela Animation dan klik
Create New Clip.
Jika pada animasi sebelumnya kita membuat
perubahan ukuran, coba di animasi yang kedua ini kita berupa perubahan rotasi
objek.
Berikutnya animasi ketiga buatlah
perpindahan objek dari beberapa titk sekaligus. Anda cukup klik pada KeyFrame
tertentu dan pindahkan Cubenya ke mana saja.
Pastikan sampai pada tahap ini tidak ada
kesalahan, seharusnya kita memiliki 3 buah file animasi dan 1 buah file
Animator.
Lalu tambahkan sebuah Component Animation
pada Cube dengan cara klik menu Component
-> Miscellaneous -> Animation.
Pada parameter Animations, ketikan angka 3 (sejumlah animasi yang tadi dibuat) dan
masukkan satu per satu animasi yang diinginkan pada kotak yang bersesuaian.
Selanjutnya buat script C# baru dan beri
nama AnimationCube.cs. Ubah menjadi seperti berikut:
Penjelasan
Script:
- Baris
ke 11: Inisialisasi Component Animator yang akan mengatur semua pergerakan
animasi pada GameObject.
- Baris
ke 17,20, dan 23: Perintah untuk memanggil animasi yang telah dibuat
berdasarkan namanya. Ini adalah perintah eksekusi animasi yang paling sederhana.
Lalu pasang script tersebut pada GameObject Cube dan jalankan
Game. Klik setiap button dan perhatikan animasi yang dijalankan akan
berbeda-beda. Ini adalah dasar-dasar pengaturan animasi pada Unity, khususnya
animasi menggunakan Component Animation.











Komentar
Posting Komentar