Membuat Interaksi Objeck pada Unity

Assalamu'alaikum.wr.wb.

   Sebelumnya perkenalkan, saya Ainayah Julia. Mahasiswa Budi Luhur budiluhur.ac.id, semester 6. Di blog ini, saya akan memperlihatkan tutorial Pemrograman Permainan menggunakan aplikasi Unity, yaitu membuat Interaksi Object Pada Unity.

Ok, pertama-tama, Jangan lupa untuk menambahkan sebuah Cube dengan cara; klik menu GameObject -> 3D Object -> Cube. Posisikan Cube agar berada di depan kamera. Salah satu caranya: drag panah warna biru untuk pergeseran posisi z, warna merah untuk posisi x, dan warna hijau untuk posisi y.


Beri nama cube tersebut dengan nama Kubus1. Caranya klik Cube pada tab Hierarchy, tekan F2 dan ketik namanya, atau bisa juga menggunakan tab Inspector dan ketik namanya di textbox paling atas.


Buat File Folder Assets dan Folder Script.


Lalu, Kita akan membuat Object bernama Kubus1, Kubus2, Kubus3, dan Kubus4 dengan cara, kita Klik bagian GameObject lalu Pilih 3D dan Pilih Cube. dan jangan lupa posisikan Cube dengan Camera, Atur posisi masing-masing Cube dengan menggunakan titik koordinat pada Inspector atau dengan cara drag menggunakan Gizmo.


Lakukan hal yang sama sehingga terdapat 4 buah kubus yang saling berdampingan dengan nama berbeda. Cara lain yang dapat dilakukan untuk menggandakan object adalah dengan duplikasi object (Ctrl+D), atau dengan klik kanan pada Cube di Hierarchy dan pilih Duplicate.



Tambahkan satu Tag baru dengan cara klik salah satu GameObject (manapun), lalu pada tab Inspector klik Tag dan pilih Add Tag… Klik tombol (+) dan masukkan Tag baru “Kotak1.



Pilih Kubus4 pada Hierarchy dan ganti Tag-nya menjadi Kotak1.



Berikutnya ubah proyeksi MainCamera pada Inspector menjadi Orthographic dan Size menjadi 2.


Buat script C# baru dan beri nama ScriptKubus.cs dan edit file menjadi seperti berikut.


Pasang script tersebut pada Kubus1 dan centang pilihan Cube 1. Jalankan game dan perhatikan kubus mana saja yang berputar.

Selanjutnya, ketik "Kubus2" pada parameter Pilih Kubus dan Centang Cube 2. perhatikan Object Kubus mana yang akan bergerak.


Berikutnya ketik “Kotak1” pada parameter Pilih Tag dan centang Cube 3.
Perhatikan kembali kubus yang bergerak. Terakhir klik browse (tombol bulat kecil) pada parameter Pilih Objekpilih tab Scene dan pilih Kubus3, lalu centang Cube 4. Perhatikan kembali kubus yang bergerak.




Wasalamu’alaikum.wr.wb.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Karakter dan Animasi 3D

Terrain 3D

UI System