Membuat GUI Skin, Unity


Assalamu'alaikum.wr.wb.


   Sebelumnya perkenalkan, saya Ainayah Julia. Mahasiswa Budi Luhur budiluhur.ac.id, semester 6. Kali ini saya membuat tutorial GUI Skin pada aplikasi Unity.
  •           Buatlah project baru di Unity atau cukup scene baru saja
  • Tambahkan sebuah GUISkin dengan cara klik menu   Assets -> Create -> GUISkin. Beri nama “BelajarGUISkin“.    


  • Setelah itu tambahkan beberapa Assets yang sudah diunduh tadi seperti assets untuk tombol (beberapa template gambar button berekstensi png) dan assets font.
  • Untuk melakukan import Assets, dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan cara klik menu Assets -> Import New Assets atau dengan drag filenya langsung dari Windows Explorer. Pastikan semua assets yang akan digunakan sudah di-import.

  • Berikutnya kita kembali ke Skin “BelajarGUISkin” yang tadi kita buat.
  • GUI Skin memiliki 2 jenis font, Ada font global yang letaknya di panel paling atas, dan ada font lokal yang berada di setiap parameter GUI.
  • Ubah font khusus button dengan drag file font pada Assets ke Button -> Overflow. Atau klik tombol kecil di sebelaha kanan kolom Font lalu browse, cari Font pada Asset.
  • Lalu ubah Font Size menjadi 24.




Berikutnya ganti background pada Button. Ganti Background pada Button:
1.     Button -> Normal
2.    Button -> Hover
3.    Button -> Active




Berikutnya pada Button, istilah Toggle mungkin agak kurang familiar. Sebagian orang lebih mengenalnya dengan istilah Checkbox. Pada Contoh kali ini, toggle dimanfaatkan untuk pengaturan suara. Ganti Background pada Toggle:
1.     Toggle -> Normal
2.    Toggle -> Hover
3.    Toggle -> Active
4.    Toggle -> On Normal
5.    Toggle -> On Hover
6.    Toggle -> On Active



Buat script C# baru dan beri nama MenuSkin.cs dan edit file menjadi seperti berikut



Pasang script MenuSkin.cs pada GameObject (misalnya MainCamera), lalu pasang parameter mySkin dengan BelajarGUISkin.




Jika tidak ada kesalahan, selanjutnya jalankan Game, contoh tampilan saat game dijalankan seperti gambar di bawah ini.



·        

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Karakter dan Animasi 3D

Terrain 3D

UI System